“SELAMAT DATANG”
SEKARANG KAMI PINDAH KE
WWW.SM-DREAM.COM

Continue Reading ►

Tuesday, March 19, 2013

STRUKTUR KELUARGA DI JEPANG




STRUKTUR KELUARGA DI JEPANG


IE

Ie adalah kumpulan dari honke dan bunke yang memiliki hubungan darah dan tidak sedarah, yang dimaksud tidak sedarah ialah orang yang membantu keluarga tersebut seperti "pembantu (hokonin), menantu (mukkoyoshi)". Secara garis besar IE adalah  Keluarga yang beranggotakan satu atap, ie juga kelompok yang menjalankan usaha keluarga. Ie juga dapat diartikan sebagai keluarga tetapi maknanya tidak sama secara budaya, ekonomi, ataupun social. Ikatan ie diturunkan dari generasi kegenerasi, sehingga dalam tiap diri individu memiliki rasa tanggung jawab, walaupun didalam ie ini sendiri tidak 

 
tergantung dengan hubungan darah.
3 Karakteristik IE
·           Mempunyai warisan sebagai harta kekayaan.
·           Menekankan pada pemujaan arwah leluhur.
·           Menekankan eksistensi keturunan langsung dari generasi ke generasi yang dianggap  penting untuk kehidupan bersama.

DOZOKU

        Kelompok yang dibentuk berdasarkan shinzoku (hubungan darah atau hubungan karena pernikahan) dan perluasan ie yang ada. Kerena dibentuk berdasarkan shinzoku dan berdasarkan kepada fukei (garis keturunan ayah) maka anggota kazoku memiliki sosen (leluhur) yang sama. Adanya kesadaran bahwa setiap anggota memiliik leluhur melatar belakanginya terbentuknya dozoku.

SOSEN SUHAI

        Pemujaan terhadap leluhur yang masih terkait dengan system keluarga dijepang. Karena modernisasi masyarakat jepang, nilai terhadap pemujaan leluhur berkurang, dikarenakan kaitannya dengan masyalah kepercayaan masyarakat jepang dimana orang jepang tidak mementingkan agama.

CHONAN

        Chonan adalah putra pertama laki-laki, walaupun ada anak perempuan pertama lahir, dan anak yang kedua laki-laki maka anak kedua ini yang menjadi chonan,  konsep yang masih sangat dianggap penting dalam system keluarga di jepang, karena chonan bertugas meneruskan nama keluarga dan bisnis keluarga.

JINNAN, SANNAN

             Kalau jinnan dan sannan yang berkedudukan tidak setinggi chonan, jinnan adalah anak kedua laki-laki, sannan putra anak ketiga laki-laki. Namun jika mereka memutuskan untuk meninggalkan nama keluarga unutk menjadi chonan dikeluarga lain, hal itu diperbolehkan, berbeda dengan chonan.

SHUDAN SHUGI

          Kelompok orang-orang yang melihat diri mereka sendiri sebagai perkumpulan individu yang memiliki nasib yang sama oleh karena itu mereka memilih melanjutkan persamaan mereka. Karena itu mereka lebih mengutamakan kepentingan besama / kelompok mereka, dibandingkan dengan kepentingan pribadi.
          Mereka tidak fokus kepada aspirasi dan potensi individu agar mereka tidak merasa terasingkan karena berbeda.

ONJOSHUGI
                
          Hubungan interaksi antara orang tua dan anak yang menghasilkan kewajian timbale balik dari kedua belah pihak, dimana orang tua menyediakan perlindungan dan kesejahteraan dan anak-anak membalas dengan loyalitas dan kepatuhan. System ini tidak hanya pada hubungan orang tua dan anak saja, tetapi perusahaan dijepang banyak yang memakai system ini, sehingga banyak dari kariyawan yang bekerja di perusahaan tersebut betah.

HONKE

          Honke adalah keluarga induk, dalam kepemilikan symbol keluarga (kamon) dari keluarga yang mempunyai hubungan langsung dengan honke akan mewariskan komon yang diwarisi ayahnya.

BUNKE
                       Bungke adlah keluarga cabang, mereka harus membuat symbol baru berdasarkan kamon original dari IEnya.

No comments:

Post a Comment